5 Fakta Unik dari Ikan Tuna, Jadi Favorit Banyak Orang!

23 April 2023 0 By CS CandiQQ

CANDIQQ LOUNGE – Kamu pasti sudah tidak asing lagi dengan ikan tuna, bukan? Ikan tuna merupakan sejenis ikan laut yang cukup umum ditemukan dimana-mana. Ikan jenis ini memiliki ciri khas berupa dagingnya yang berwarna merah muda hingga merah tua.

Ada beragam olahan lezat yang bisa diolah dengan menggunakan ikan tuna sebagai bahannya.

1. Asal usul keberadaan ikan tuna

Tuna sebetulnya menjadi ikan yang sering sekali ditemukan di perairan Indonesia. Namun, apakah memang tuna berasal dari Indonesia? Ternyata sejarah dari tuna tidaklah seperti itu.

Tuna ternyata telah ada sejak 350 tahun sebelum masehi dan hal ini dibuktikan dari catatan seorang filsuf Yunani, yaitu Aristoteles. Selain itu, tuna juga sudah menjadi makanan pokok di Jepang dan Kepulauan Pasifik sejak abad ke-18 dan ke-19. Bahkan para sejarawan juga berpendapat bahwa penangkapan tuna sudah ada setidaknya sejak 2000 tahun di Mediterania.CandiQQpro

2. Memiliki kecepatan berenang yang kencang

Memiliki habitat di laut tentu membuat tuna pandai dalam berenang. Namun, kepiawaian tuna dalam berenang ini ternyata didukung dengan julukannya sebagai perenang yang handal di lautan.

Dilansir JSTOR Daily, tuna memiliki jumlah sirip kecil yang bervariasi pada bagian dekat pangkal ekornya. Sirip kecil tersebut terkesan lembut dan sering disebut sebagai sirip adiposa. Sirip inilah yang kemudian dapat membatasi hambatan selama berenang, sehingga tuna bisa berenang lebih cepat. Kecepatan tuna sirip biru dalam berenang dipercaya sekitar 69 meter perjam.

3. Bisa memiliki ukuran yang sangat besar

Ikan tuna yang selama ini dijadikan bahan makanan ternyata memiliki ukuran yang sangat beragam. Dari yang berukuran kecil, hingga yang besar sekali pun.

Dilansir NOAA Fisheries, rata-rata berat ikan tuna dewasa mencapai 60 kilogram dengan panjang 1.5 meter. Sementara, ada pula ikan tuna yang memiliki panjang mencapai 3 meter dengan berat 450 kilogram.

4. Manfaat baik ikan tuna

Ikan tuna menjadi salah satu jenis ikan yang sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Tak heran jika jenis ikan ini cukup diincar oleh banyak orang, sebab cita rasanya yang lezat dan kandungannya yang memang baik.

Dilansir BBC Good Food, ikan tuna ternyata memiliki banyak sekali kandungan baik seperti menjadi sumber protein tinggi, sumber asam amino, tinggi kadar vitamin dan mineral, rendah lemak, dan dapat membantu menjaga berat badan. Tak heran jika banyak yang mengolah tuna menjadi beragam sajian lezat.Poker Online

5. Ragam spesies ikan tuna

Selayaknya jenis hewan pada umumnya, tuna juga sudah pasti memiliki ragam spesies yang berbeda-beda. Hal ini biasanya dapat menjadi ciri khas dan pembeda antara satu tuna dengan tuna yang lainnya.

Dilansir ISS Foundation, ada sekitar 15 spesies tuna yang tersebar di seluruh lautan. Masing-masing spesies tuna memiliki ciri fisik, ukuran, hingga lokasi asal yang berbeda-beda.

Ikan tuna tentunya menjadi salah satu jenis ikan yang sangat populer. Bukan hanya menjadi sumber olahan lezat, namun juga banyak diburu karena manfaat baiknya