Pantai untuk Ngabuburit di Bangkalan, Syahdu Sambil Berburu Sunset 

30 Maret 2023 0 By CS CandiQQ

CANDIQQ Pantai untuk Ngabuburit di Bangkalan, Syahdu Sambil Berburu Sunset Bangkalan merupakan kabupaten paling selatan di Pulau Madura yang memiliki sejumlah pantai menarik di sisi utara dan selatan. Kamu bisa menikmati keindahan Selat Madura, Jembatan Suramadu, dan Laut Jawa

Pantai untuk Ngabuburit di Bangkalan, Syahdu Sambil Berburu Sunset

Pantai Siring Kemuning

Pantai Siring Kemuning terletak sekitar 40 kilometer dari pusat Kota Bangkalan, tepatnya di Desa Macajah, Kecamatan Tanjungbumi, Kabupaten Bangkalan.

Pantai berpasir putih kekuningan ini memiliki ombak yang relatif tenang, sehingga aman untuk bermain air di tepi pantai. Pantai ini juga menawarkan pemandangan menakjubkan saat senja, karena berada di Bangkalan bagian utara dan menghadap Laut Jawa yang luas.

Saat bulan Ramadan maupun tidak, pantai tersebut cukup diminati pengunjung sebagai salah satu pilihan tempat wisata keluarga di Bangkalan.

Di sini juga terdapat warung makan dan camping ground. Jadi, kamu bisa bersantai dan menikmati keindahan alamnya, sambil menunggu waktu berbuka puasa.

Tiket masuknya terjangkau, kamu hanya perlu membayar Rp5.000. Sedangkan, tarif parkirnya Rp3.000 untuk sepeda motor dan Rp5.000 untuk mobil

Pantai Tlangoh

Masih di Kecamatan Tanjungbumi, tapi kali ini berada di Desa Tlangoh, terdapat Pantai Tlangoh. Pantai ini baru diresmikan sebagai destinasi wisata pada 2020. Meski tergolong baru, Pantai Tlangoh mampu menarik minat pengunjung dengan keindahannya.

Pantai Tlangoh memiliki pasir putih yang berpadu dengan birunya air laut. Karakteristiknya mirip dengan Pantai Siring Kemuning yang berombak relatif tenang. Banyak aktivitas seru yang dapat kamu lakukan di sini, seperti mencoba naik ATV, piknik, dan tentunya hunting foto di sepanjang pantai.

Pantai ini buka selama 24 jam dan harga tiketnya antara Rp5.000–Rp10.000. Jadi, kamu pun bisa mengunjungi Pantai Tlangoh saat sore hari dan menjadikannya tempat ngabuburit

Pantai untuk Ngabuburit di Bangkalan, Syahdu Sambil Berburu Sunset

Pantai Rongkang

Pantai Rongkang berada di Desa Kwanyar Barat, Kecamatan Kwanyar, Kabupaten Bangkalan. Pantai ini berbeda dari sebelumnya, karena menghadap ke Selat Madura.

Selain itu, kamu tidak akan menjumpai pasir, melainkan bebatuan, batu karang, bukit berundak, dan tebing di sekitarnya. Dari sini, kamu bisa melihat Jembatan Suramadu yang menghubungkan antara Surabaya dan Pulau Madura.

Sore hingga malam hari menjadi waktu yang tepat untuk menikmati pemandangan gemerlapnya lampu di pulau seberang dan Jembatan Suramadu. Jadi, cocok ini sebagai tempat ngabuburit bersama orang terdekat.

Namun, kamu patut berhati-hati dan menggunakan alas kaki yang nyaman. Pasalnya, tepi pantainya berupa bebatuan yang dapat melukai kakimu. Selain itu, fasilitasnya belum cukup memadai, sehingga kamu bisa membawa perbekalan sendiri dari rumah.

Pantai Rindu

Pantai Rindu berada di Jalan Raya Sukolilo, Polasari, Desa Sukolilo Barat, Kecamatan Labang, Kabupaten Bangkalan. Sebelumnya bernama Wisata alam Kesek, kemudian berubah menjadi Pantai Rindu setelah berdirinya sebuah kafe.

Kafe tersebut didominasi material kayu dan memiliki arsitektur mirip anjungan kapal yang disebut Perahu Cinta. Jika kamu ke lantai atas bangunan kafe, maka bisa melihat Selat Madura, Jembatan Suramadu, dan kapal yang berlalu lalang dari Pelabuhan Kamal.

Di sini menjadi spot favorit untuk berswafoto. Pemandangan semakin menakjubkan saat sore dan malam hari. Suasana kafe juga semakin klasik nan romantis dengan lampu.

Kendati tidak ada tiket masuk, tapi kamu perlu memesan makanan dan minuman sebagai penggantinya. Harganya mulai Rp15 ribu. Jadi, kamu bisa ngabuburit sekalian berbuka puasa di sini, sambil menikmati keindahan Selat Madura.

Pantai untuk Ngabuburit di Bangkalan, Syahdu Sambil Berburu Sunset

Pantai Martajasah

Satu lagi ini pantai yang cocok untuk ngabuburit di Bangkalan, yakni Pantai Martajasah. Pantai tersebut berlokasi di  Desa Martajasah, Kecamatan Bangkalan, Kabupaten Bangkalan.

Letaknya berdekatan dengan wisata religi Makam Syaikhona Kholil, jadi kamu bisa sekalian berziarah. Pantai Martajasah menawarkan keindahan laut, wisata mangrove, dan sungai yang mirip dengan Sungai Amazon.

Keindahannya mampu menarik banyak wisatawan, padahal baru saja diresmikan sekitar seminggu sebelum bulan Ramadan 2023. Konon, mencapai 50-70 wisatawan per hari.

Tarif parkirnya Rp2.000 untuk sepeda motor dan Rp5.000 untuk mobil. Sedangkan, untuk tiket masuk wisata dan “Sungai Amazon” ala Bangkalan tersebut belum diumumkan hingga saat artikel ini ditulis.

Ternyata wisata pantai baru di Bangkalan mulai bermunculan dan cocok menjadi tempat ngabuburit. Bahkan, ada yang baru resmikan oleh Pemerintah setempat sebagai destinasi wisata dan dibuka untuk umum.

SUMBER BERITA : CANDIQQ